Search

Benahi Penyeberangan di Danau Toba, Kemenhub Bentuk Tim Ad Hoc

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan membentuk tim Ad Hoc untuk membenahi tatakelola penyeberangan di Danau Toba, Sumatera Utara. Hal ini bentuk tindak lanjut dari tidak optimalnya pengawasan oleh Dinas Perhubungan Pemerintah Daerah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, terjadi masalah pada sistem operasional transportasi penyeberangan di Danau Toba yang dikelola Dinas Perhubungan. Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan melakukan evaluasi untuk memperbaiki layanan.

"Memang kita lihat ada kesenjangan, kurang konsisten pelaku di sana, Kementerian Perhubungan memberikan evaluasi untuk melakukan perbaikan layanan di sana," kata Budi, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Kementerian Perhubungan telah membentuk tim Ad Hoc untuk membenahi tatakelola transportasi penyeberangan di Danau Toba. Tim tersebut berkordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Polri untuk mengeluarkan rekomendasi keselamatan penyeberangan yang akan dijadikan acuan Dinas Perhubungan.

"Saya sangat menyayangkan di tempat itu petugas yang ada tidak berfungsi dengan baik. Saya menugaskan Ketua Ad Hoc untuk bersama polisi, KSOP di Belawan melakukan pembinaan pelabuhan di sana," tutur Budi.

Tiom Ad Hoc juga bertugas melakukan pengawasan yang sesama ini tidak dilakukan pemerintah provinsi‎ dan merivisi peraturan. Serta merubah struktur organisasi pengawasan untuk hal ini harus mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

"Ad Hoc kita buat temporary berfungsi dua mingu sampai sebulan. Fungsinya mensubtitusi fungsi pengawasan yang selama ini tidak dilakukan provinsi," tandasnya.

Budi mengungkapkan, sebagai tindak lanjut kecelakaan KM Sinar Bangun di Danau Toba, Kementerian Perhubungan melakukan pembenahan tahap awal diantaranya mengukur pelabuhan sesuai kapasitas disertai dengan manifest dan kewajiban penggunaan pelampung bagi penumpang kapal.

"Kedua kita lakukan lebih signifikan pembangunan kapal. Saya meninjau pembangunan kapal 300 GT. Kita akan bangun dua lagi, ASDP dan swasta sehingga dua tahun mendatang ada 6 kapal," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3567312/benahi-penyeberangan-di-danau-toba-kemenhub-bentuk-tim-ad-hoc

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Benahi Penyeberangan di Danau Toba, Kemenhub Bentuk Tim Ad Hoc"

Post a Comment

Powered by Blogger.