Search

Investor Antisipasi Suku Bunga The Fed Naik, Rupiah Mampu Menguat

Liputan6.com, Jakarta - Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin atau 0,25 persen menjadi 2,25 persen.

Kenaikan suku bunga ini ternyata tidak membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kembali terkapar.  Mengutip data Bloomberg, rupiah pagi ini dibuka di level 14.920 atau sempat melemah dibanding penutupan perdagangan kemarin di 14.910 per dolar AS.

Namun, usai pembukaan rupiah langsung bergerak menguat. Saat ini, rupiah berada di level 14.899 per dolar AS. Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan penguatan rupiah ini karena pasar sudah prediksi kenaikan suku bunga bank sentral AS.

Selain itu, pasar juga sudah prediksi langkah yang akan diambil oleh Bank Indonesia merespon kenaikan suku bunga AS. 

"Karena memang sudah diprediksi orang apa yang akan terjadi, di AS itu. Sama kemudian respons yang disiapkan oleh BI dan pemerintah," ujar Darmin singkat di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan pemerintah secara terus menerus telah mengkomunikasikan kepada pasar kondisi ekonomi dalam negeri saat ini cukup kuat menghadapi perubahan suku bunga bank sentral AS atau the Fed

"Kita sudah komunikasi secara terus menerus, bahwa perubahan policy The Fed akan datang. Akan terjadi. Kemudian kita juga mengkomunikasikan kepada perekonomian APBN kita yang sangat sehat," kata dia.

Sri Mulyani mengatakan, ekonomi Indonesia cukup fleksibel, lentur dan kuat untuk menghadapi perubahan kondisi ekonomi global tanpa harus mengakibatkan seluruh ekonomi dalam negeri mengalami perubahan yang cukup drastis.

"Perubahan di luar perekonomian,  bukan kita yang mengontrol tapi Federal Reserve. Tapi perekonomian Indonesia cukup fleksibel, lentur dan cukup memiliki daya tahan resilience untuk mengabsorp perubahan itu tanpa harus menyebabkan seluruh kegiatan ekonomi kemudian mengalami perubahan yang sangat drastis," tutur dia.

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3653657/investor-antisipasi-suku-bunga-the-fed-naik-rupiah-mampu-menguat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Investor Antisipasi Suku Bunga The Fed Naik, Rupiah Mampu Menguat"

Post a Comment

Powered by Blogger.