Search

Sektor Wisata Mampu Kendalikan Inflasi

Pemerintah mengajak sektor swasta bekerja sama berperan aktif dalam berinvestasi untuk mengembangkan potensi-potensi wilayah wisata sehingga Indonesia memiliki destinasi wisata berkelas dunia. Salah satunya di Danau Toba, Sumatera Utara.

Terkait ini, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menggelar acara Pre-Market Sounding Pengembangan Kawasan Pariwisata di Danau Toba, akhir pekan lalu. Acara ini turut dihadiri para pelaku bisnis industri pariwisata.

Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo  mengatakan, pemerintah ingin menjelaskan perkembangan pariwisata Danau Toba sebagai destinasi prioritas kepada pengusaha.

"Diharapkan, dalam rentang waktu 2 tahun sejak berdirinya, BPODT dapat menarik investor-investor baru dalam bidang perhotelan, daya tarik wisata serta lainnya," kata Arie.

Dia menjelaskan, hingga saat ini berbagai pembangunan infrastruktur untuk mewujudkan kawasan wisata yang nyaman dan memadai bagi wisatawan terus berjalan.

Diantara prasarana yang telah dan sedang dibangun, yakni Bandara Silangit yang telah menjadi bandara internasional dan memiliki penerbangan international terjadwal.

Kemudian jalan tol yang terbentang dari Medan hingga Parapat yang diperkirakan selesai pada 2020.

Adapula  jalan nasional, yaitu jalan lingkar Samosir, jalan lingkar Danau Toba dan lainnya. Selain itu, langkah revitalisasi sejumlah pelabuhan. Serta, penambahan kapal angkutan roro 300GT.

Kegiatan Pre-Market Sounding ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para calon investor sebelumnya.

Presiden pada 26 Juli 2018, telah mencanangkan Danau Toba sebagai salah satu dari empat destinasi pariwisata super prioritas yang menjadi fokus pengembangan pemerintah.

Pre-Market Sounding Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba dilakukan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta.

Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah BPODT; Tenaga Ahli Menteri Pariwisata dan Ketua Pokja Bidang Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, Hiramsyah S. Thaib; serta Direktur Utama BPODT, Arie Prasetyo.

Hadir pula pejabat dari instansi terkait yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Perhubungan.

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3653671/sektor-wisata-mampu-kendalikan-inflasi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sektor Wisata Mampu Kendalikan Inflasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.