Search

Alasan Warga Berangkat Lebih Awal untuk Mudik

Sebelumnya, PT KAI Daop I tengah bersiap menghadapi lonjakan penumpang jelang mudik Lebaran 2018. Hingga kemarin, Kamis 31 Mei 2018, pemudik sudah mulai memadati Stasiun Gambir dan Stasiun Senen dengan berbagai tujuan.

Kepala PT KAI Daop I Jakarta, Dadan Rudiansyah mengatakan, arus mudik sudah mulai terlihat di Stasiun Gambir dan Stasiun Senen. Hari ini kedua stasiun tersebut akan memberangkatkan penumpang masing-masing 13 ribu serta 17 ribu penumpang. 

"Kami siap menghadapi angkutan Lebaran baik sarana maupun prasarana. Tanggal 31 Mei sudah mulai ada peningkatan penumpang. Untuk hari ini di Stasiun Gambir dan di Pasar Senen sudah mulai naik ya. Untuk di Gambir sendiri 13 ribu penumpang, di Senen 17 ribu," ujar dia di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat 1 Juni 2018.

PT KAI Daop I Jakarta menyediakan 900 ribu tiket selama 10 hari masa mudik dan balik Lebaran 2018. Hingga kini, sebanyak 570 ribu tiket telah terjual. Tiket juga sudah terjual habis untuk keberangkatan pada 4 sampai 14 Juni 2018.

"Sampai hari ini dari tanggal 4 sampai 14 Juni itu sudah habis untuk Stasiun Gambir. Untuk Pasar Senen itu sampai tanggal 14 Juni sudah habis semua. Kecuali untuk relasi dekat misalnya Bandung dan Cirebon mungkin masih ada beberapa tempat duduk," ujar Dadan.

Mayoritas tujuan mudik tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI Daop I akan menambah jumlah gerbong dan kereta tambahan ke beberapa daerah tersebut. 

"Puncak angkutan Lebaran diperkirakan H-2 tanggal 13 Juni. Tambahan bukan hanya gerbong, tapi juga nambah kereta perjalanan atau rute. Jadi ada 16 kereta yang kami tambahkan dari kereta yang reguler," ujar dia.

Dadan menambahkan, kereta regular selama ini di Daop I ada 7 KA reguler sekarang ada 16 Ka tambahan. KAI juga menambah beberapa gerbong untuk kereta tertentu, misalnya Kereta Gumarang.

"Itu tadinya delapan, kami tambah lima jadi ada penambahan gerbong dalam satu rangkaian ya," kata dia.  

Saksikan video pilihan di bawah ini:

PT KAI terus memperbaiki sejumlah lintasan kereta yang rusak sebelum arus mudik dimulai. Salah satu daerah yang memiliki banyak titik kerusakan adalah rel kereta Bandung.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3548805/alasan-warga-berangkat-lebih-awal-untuk-mudik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan Warga Berangkat Lebih Awal untuk Mudik"

Post a Comment

Powered by Blogger.