Search

Gunung Merapi Meletus Tadi Pagi, Bandara Adisutjipto Masih Beroperasi Normal

Sebelumnya, dua titik asap di sektor barat laut Gunung Merapi terpantau usai letusan pada Jumat pagi tadi sekitar pukul 08.20 WIB. Asap itu sempat membuat masyarakat bertanya-tanya apakah awan panas sudah mulai keluar dan membakar vegetasi di posisi 1,5 kilometer dari puncak Merapi.

Namun, hal itu buru-buru disangkal pihak Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY saat sesi konferensi pers pada Jumat 1 Juni 2018 siang.

Kepala BPPTKG DIY, Hanik Humaida, mengungkapkan bahwa pihaknya masih memverifikasi untuk menentukan material apa yang terlontar menyebabkan asap di batas vegetasi Gunung Merapi.

"Itu bukan awan panas, tapi kalau ditarik dari rentetan waktu kejadian, maka bisa saja material balistik yang masih panas. Posisinya terpantau di 1,5 kilometer dari puncak, tepatnya di barat laut," ungkapnya.

Hanik menyampaikan, pada letusan hari ini, Merapi tidak mengeluarkan awan panas seperti yang banyak dikhawatirkan masyarakat. "Tidak ada awan panas di letusan hari ini, dominasi masih gas meski sudah ada kontribusi magmatis yang dominan," imbuhnya.

Meski meminta masyarakat tetap waspada, BPPTKG tetap mengimbau untuk tidak mempercayai adanya kabar simpang siur yang belum bisa diverifikasi kebenaran datanya. "Kami akan terus memantau dan menyampaikan update kondisi Merapi," ujarnya.

Menurut Hanik, hingga siang ini, jarak aman tetap 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi dan status tetap Level II atau Waspada.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Gunung Merapi kembali meletus pagi ini. Letusan terjadi pada pukul 08.20 WIB.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3546187/gunung-merapi-meletus-tadi-pagi-bandara-adisutjipto-masih-beroperasi-normal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gunung Merapi Meletus Tadi Pagi, Bandara Adisutjipto Masih Beroperasi Normal"

Post a Comment

Powered by Blogger.