Search

Manajemen Garuda Sebut Pilot Tak Punya Alasan Mogok Kerja

Liputan6.com, Jakarta Pekerja yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Asosiasi Pilot Garuda (APG) dan Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) dinilai tidak memiliki alasan untuk melakukan mogok.

Vice President of Investor Relations and Corporate Secretary Garuda Indonesia  Hengki Hariandono menilai mogok terjadi bila memang adanya perselisihan industrial antara manajemen dengan pihak pekerja. Misalnya terkait dengan kesejahteraan para pilot yang tidak dipenuhi manajemen.

"Mogok itu kalau ada perundingan yang gagal. Sampai saat ini tidak ada perundingan yang gagal karena tidak ada perselisihan industri. Pilot sangat terjamin, semua dibayar, insentif kenaikan gaji, kita bayar sesuai waktu. Ini yang harus dipahami," ungkapnya di Penang Bistro, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Selanjutnya kata dia, tuntutan yang berada di luar wewenang manajemen sehingga memang tidak dapat dipenuhi manajemen.

"Intinya (tuntutan) kurangi Direksi (Garuda Indonesia) dari 8 menjadi 6 ini tidak ada hubungan dengan industrial. Ini ranahnya Kementerian BUMN. Mereka minta itu diluar kewenangan Direksi, kalau ada (direksi) yang diganti itu kewenangan BUMN bukan Direksi," jelas dia.

Hendri menyampaikan catatan lain yang menjadi oleh pekerja menjadi alasan rencana mogok adalah kinerja perusahaan yang dinilai buruk. Padahal kinerja keuangan Garuda di Kuartal I 2018 sudah menunjukkan perbaikan.

"Kita tekan kerugian dari kuartal I tahun 2017 sebesar USD 100 juta menjadi USD 64 juta di kuartal I 2018, turun 36 persenKenapa karena kita low season. Memang masih rugi, tapi kita sudah tekan (kerugian)," kata dia.

Pertumbuhan revenue kuartal I 2018 sebesar 8 persen yang mengatasi pertumbuhan biaya yang sebesar 2,5 persen di kuartal I 2018, kata dia juga menunjukkan perbaikan keuangan.

"Kita bisa pertahankan predikat maskapai bintang 5 oleh SkyTrax. OTP (On time performance) kita sampai Mei 90 persen menjelang peak season ini positif," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

Direksi Maskapai Garuda Indonesia membuka pintu dialog, terkait ancaman mogok kerja yang akan dilakukan karyawan Garuda yang tergabung dalam Serikat Bersama, Asosiasi Pilot Garuda dan Serikat Karyawan Garuda Indonesia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3547143/manajemen-garuda-sebut-pilot-tak-punya-alasan-mogok-kerja

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manajemen Garuda Sebut Pilot Tak Punya Alasan Mogok Kerja"

Post a Comment

Powered by Blogger.