Search

Trump Terapkan Tarif Impor Baja kepada Tiga Mitra Dagang Terbesar AS

Pemerintah Meksiko pun bereaksi terhadap langkah Trump. Meksiko tidak membenarkan tindakan AS. Bahkan negara tersebut akan membalas dengan tarif yang sebanding atas produk AS antara lain daging babi, keju, dan baja.

Eropa juga mengatakan akan proses memberlakukan tarif pembalasan meski tidak umumkan secara rinci. Sebelumnya akan berlakukan tarif 25 persen untuk produk AS antara lain sepeda motor, denim, rokok, jus cranberry dan selai kacang.

"Hari ini adalah hari buruk untuk perdagangan dunia. Kami melakukan segalanya untuk hindari hasil ini," ujar Komisioner Perdagangan UE Cecilia Malmstom.

Pejabat Kanada menyatakan akan berlakukan tarif USD 12,8 miliar untuk ekspor AS yang efektif 1 Juli 2018. Ini sebagai balasan tindakan terhadap Trump.

"Tarif ini sama sekali tidak bisa diterima," ujar Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Negosiasi yang sedang berlangsung di NAFTA pun akan semakin rumit dengan pengenaan tarif kepada Meksiko dan Kanada. Negosiasi NAFTA merupakan salah satu faktor dalam keputusan pemerintah memberikan pengecualiaan kepada Kanada dan Meksiko dari tarif baja dan aluminium. Akan tetapi, Ross menuturkan, kalau negosiasi itu memakan waktu dan lebih lama dari yang diharapkan.

Sebelumnya Trump menyampaikan kepada Trudeau kalau AS akan setujui kesepakatan yang adil atau tidak akan ada kesepakatan sama sekali. Kanada merupakan eksportir baja terbesar ke AS. Sedangkan Meksiko terbesar ketiga kemudian Korea Selatan.

AS juga jajaki kemungkinan menetapkan tarif baru untuk mobil. Pekan lalu, pemerintahan Trump mengumumkan penyelidikan apakah impor mobil akan bebani keamanan nasional AS. Tindakan tersebut dapat rugikan Meksiko, Kanada, Jerman dan Jepang.

Pada Selasa pekan ini, pemerintahan AS umumkan tarif barang China senilai USD 50 miliar atas pencurian kekayaan intelektual. China pun menilai, pengumuman tersebut melanggar konsensus yang dicapai di Washington baru-baru ini oleh China dan AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Di tengah gejolak bursa saham sepekan lalu akibat perang dagang AS-China, ada satu saham yang penjualannya tetap bergairah. Saham itu adalah saham Spotify, perusahaan pelopor streaming musik yang sahamnya mulai diperdagangkan setelah 12 tahun sebelum...

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3545996/trump-terapkan-tarif-impor-baja-kepada-tiga-mitra-dagang-terbesar-as

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Terapkan Tarif Impor Baja kepada Tiga Mitra Dagang Terbesar AS"

Post a Comment

Powered by Blogger.