Search

KEIN Ingatkan Dampak Gejolak pada Tahun Politik Terhadap Ekonomi RI

Sebelumnya, Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) optimistis berlangsungnya pemilihan kepala daerah (pilkada) akan berdampak positif bagi perekonomian nasional. Pasalnya pilkada akan mendorong peningkatan uang beredar di masyarakat.

Anggota KEIN Johnny Darmawan mengatakan, jumlah uang beredar di masyarakat diperkirakan mencapai lebih dari Rp 11 triliun. Pasalnya anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk pilkada tahun ini mencapai Rp 11,4 triliun.

"Dengan adanya pilkada, itu kan duit yang masuk dari pemerintah saja Rp 11 triliun ke masyarakat. Dan di lain pihak masing-masing kandidat juga mengeluarkan duit untuk belanja kaus dan lain-lain," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu 11 Maret 2018.

Menurut dia, uang beredar tersebut akan menjadi stimulus bagi daya beli masyarakat. Sebab, uang tersebut akan diterima ma‎syarakat dan digunakan untuk hal yang konsumtif.

"Jadi itu pasti akan menstimulus masalah konsumsi, sudah pasti masyarakat jadi konsumtif," kata dia.

Namun demikian, Johnny berharap pelaksanaan pilkada tahun ini bisa berjalan baik. Dengan demikian, stabilitas keamanan bisa tetap terjaga sehingga tidak mengganggu iklim usaha di dalam negeri.

"Jadi menurut saya di satu sisi ada minus poin yaitu situasi politik tetapi di sisi lain. Dan ketiga, ada faktor-faktor yang dulu menjadi hambatan seperti infrastruktur, sekarang sudah ada," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

KEIN prioritaskan empat bidang untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3549241/kein-ingatkan-dampak-gejolak-pada-tahun-politik-terhadap-ekonomi-ri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KEIN Ingatkan Dampak Gejolak pada Tahun Politik Terhadap Ekonomi RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.